Senin, 12 November 2012 - 0 komen yuk

Yuk amanin komputer kita :)

Kebanyakan orang jaman sekarang pasti punya yang namanya komputer, iya ga? iya kan ya? entah itu PC, laptop, atau netbook. Mulai dari bapak bapak kantoran, anak sekolahan, mahasiswa, wanita karir sampe ibu rumah tangga di era globalisasi ini pasti punya, pernah memakai atau minimal tau apa itu komputer, laptop dan teman temannya. Sekedar punya tapi ga dirawat ga dijaga agar selalu "aman" ya buat apa? Ibarat manusia yang cuman mau nikmatin keindahan alam tanpa berusaha untuk selalu menjaga keelokannya, eyyaaa jadi melenceng haha back to topic! Nah kali ini, saya akan mencoba menguraikan sedikit cara dan tips untuk mengamankan komputer kamu, check this out :)


Yang pertama itu virus, udah sering denger dong pasti ya kalo banyak banget virus yang mengincar komputer kita. Virus virus nakal itu bisa menyebabkan komputer kita lemot, data tiba tiba banyak yang hilang, banyak file atau aplikasi yang secara mendadak tidak bisa dibuka dan lain sebagainya. Pernah ga ngalamin itu? kalo pernah, itu berarti fix, komputer kalian terjangkit virus. Nah sekarang apa yang harus kita lakukan untuk mencegah virus virus hinggap di komputer kita?

*Internet, pada tau  ga kalo internet itu jadi media favorite penyebaran virus? Virus bisa masuk dari berbagai aplikasi aplikasi di internet, bisa dari game game yang banyak kita temukan disana, bisa juga dari file file yang kita download via internet bahkan email pun bisa mendatangkan banyak virus. Ada beberapa cara nih untuk mencegah masuknya virus ke komputer kita,
yang pertama, jangan pernah melakukan klik pada jendela pop up yang ditampilkan. misalnya pemberitahuan bahwa kamu adalah pemenang sebuah undian atau kamu akan memenangkan undian ketika kamu melakukan klik pada seuatu aplikasi secara terus menerus. Sebenarnya, itu adalah program jahat yang bersiap masuk ke komputer kita ketika kita 'tergoda' untuk melakukan klik pada aplikasi tersebut. Nah yang ke dua, bisa juga dengan menggunakan fitur otomatis untuk mem block pop-up yang akan ditampilkan. biasanya aplikasi ini tersedia pada web browser yang kamu gunakan. ke tiga, jangan pernah membuka email dari pengirim yang tidak kita kenal atau bisa dibilang tidak jelas asal usulnya. karena kemungkinan, email email seperti itu adalah "kedok" yang sengaja dibuat untuk mengobrak ngabrik komputer kita.

* Mesin pencari, semacam google, wikipedia atau  yahoo terkadang tidak dapat menyaring secara otomatis situs situs atau website apa saja yang membahayakan kompute kita. Untuk itu, kamu bisa menginstall sebuah program yang secara otomatis dapat mendeteksi situs situs yang sekiranya membahayakan komputer kamu.

* USB flash disk, merupakan media kedua yang paling sering membuat komputer  terjangkit virus, untuk itu pastikan anti virus pada komputer kamu terupdate dengan baik. Scan terlebih dahulu sebelum membukanya, dan lebih baik membuka data dengan melakukan klik kanan kemudian pilih open, hal ini lebih aman karena mencegah virus yang masuk melalu autoruns yang disertakan pada USB flash disk.

* Menginstall anti sypware untuk mencegah masuknya malware dan sypware juga merupakan hal yang harus diperhatikan. spyware dan malware dapat membuat komputer kamu menjadi lemot atau lambat bahkan bisa membuat komputer kamu dengan mudahnya dikendalikan oleh oranglain. untuk itu ada baiknya segera menginstall anti spyware demi terjaga nya komputer kamu.

Selain virus, ada hal lain yang membuat komputer kita "tidak aman", pernah denger hacker dan cracker? 

Pada dasarnya pencegahan atau penanggulangan yang dapat kamu lakukan agar terhindar dari cracker dan hacker itu serupa.  Hal yang bisa kamu lakukan adalah sebagai berikut :

- Memblokir remote access, Untuk mencegah komputer kamu diambil alih oleh hacker atau cracker, yuk non aktifkan remote access dengan cara melakukan klik kanan pada my computer dan kemudian pilih properties, maka akan muncul tampilan system properties, kemudian pilih tab remote, lalu hilangkan semua tanda ceklis untuk menonaktifkannya. Kemudian tekan OK.

- Menghapus user account yang tidak terpakai, pada windows xp profesional, terdapat beberapa user account yang bisa diakses melalui trojan dan dimanfaatkan untuk melakukan penyerangan. Untuk menghilangkan account tersebut, pilihlah control panel pada menu start, kemudian pilih performance and maintenance, kemudian pilih administrative tools, klik 2 kali pada computer management pilih local users and groups, pada sisi kanan klik 2 kali pada bagian users, kemudian hapuslah account account lama yang sudah tidak kamu gunakan, dan terakhir tutuplah tampilan tampilan setelah kamu mensortir account account tersebut.

-  Menutup celah netBIOS, File file yang kamu miliki bisa diakses melalu internet dan secara otomatis dapat memudahkan para hacker maupun cracker untuk menjalankan "tugasnya", untuk itu nonaktifkanlah netBIOS dengan cara klik kanan my network place dan pilih properties pada menu start, maka akan terdapat tampilan network connetions, kemudian klik kanan pada icon koneksi internet lalu pilih properties. jika ada tampilan, pilih networking. pilih tanda ceklis yang ada didepan internet protocol properties, pilih tab advanced, pilih tab wins, lalu pilih disable netBIOSover TC/IP kemudian klik OK.

3 hal diatas merupakan beberapa cara untuk menghindari ancaman hacker dan craker, lalu bagaimana dengan cara untuk mengamankan "fisik" dari komputer mu? 

Keamanan fisik bisa dibilang mengamankan komputer dari tangan tangan jahil yang hendak merusak fisik komputer kita ataupun mencurinya, oleh karena itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, salah satunya adalah jangan meletakkan komputer atau laptop mu disembarang tempat agar terhindar dari orang yang memiliki niatan niatan jahat, pastikan pintu rumah, pintu ruangan atau jendela terkunci dengan sempurna agar tidak ada celah bagi si pelaku untuk beraksi, kemudian gunakanlah tas yang mempunyai bagian khusus untuk laptop, hal tersebut akan membantu kamu untuk menjaga fisik laptop dari guncangan guncangan atau goresan yang mungkin terjadi selama perjalanan. Dan yang terakhir, berhati hatilah ketika kendaraan kamu berhenti disuatu tempat, jangan meninggalkan laptop atau netbook kamu didalam kendaraan, karena hal tersebut akan memicu orang untuk bertindak kriminal.

Semoga bermanfaat :)

Referensi : http://www.binushacker.net/cara-meningkatkan-keamanan-komputer.html

0 komen yuk:

Posting Komentar