Jumat, 02 Maret 2012 - 0 komen yuk

Tugas Soft Skill 1

Didalam kehidupan kita mengenal ada nya 2 kemampuan yang berperan besar dalam kesuksesan dan kelangsungan hidup manusia. Kemampuan tersebut adalah soft skill dan hard skill, keduanya memiliki peranan yang sama sama penting dalam kehidupan tiap tiap individu.

Apa itu soft skill?
Jika dilihat dari pengertian perkata, soft = halus dan skill = kemampuan. Namun, pengertian soft skill yang sebenarnya adalah keterampilan individu dalam berhubungan dengan orang lain serta kemampuannya untuk mengatur dirinya sendiri dan mampu mengembangkan dirinya sendiri untuk melakukan suatu pekerjaan atau melaksanakan tanggung jawab secara maksimal. Kadar soft skill pada masing2 individu berbeda, hal ini tergantung pada cara atau pola berpikir individu tersebut, tergantung pula pada sikap dan kebiasaan kebiasaan serta bagaimana ia berkata dan bertindak, Namun, kadar soft skill pada diri individu dapat dirubah apabila yang bersangkutan memiliki kemampuan untuk merubahnya dengan cara berlatih membiaskan diri dengan hal hal yang baru,
Perbedaan hardskill dan softskill ?
Perbedaan softskill dan hardskill salah satunya terletak pada pengertiannya. Hard skill adalah penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi dan ketrampilan teknis yang berhubungan dengan bidang ilmunya. Sedangkan soft skill adalah ketrampilan seseorang dalam berhubungan dengan orang lain (termasuk dengan dirinya sendiri). Semua profesi membutuhkan keahlian (hard skill) tertentu akan tetapi semua profesi memerlukan soft skill.
Seperti yang dikatakan di atas tadi, soft skill dan hard skill mempunyai peranan yang penting bagi kelangsungan hidup individu, baik di dunia kerja maupun di bangku pendidikan.Dalam dunia kerja kita dituntut untuk paham, mengerti dan menguasai apa yang menjadi profesi kita.. Sebagai contoh adalah seorang guru, guru harus amat sangat paham dengan materi yang akan ia ajarkan, dan harus sangat menguasai materi tersebut. Namun, apabila guru itu tidak memiliki softskill ia akan susah menyampaikan materi pelajarannya kepada murid2 dan susah 'bergaul' dengan anak2 didiknya. Contoh lain adalah seorang pemain sepak bola, ia menguasai berbagai tehnik2 menendang dan lain sebagainya. Namun, apabila ia tidak mempunyai kemampuan untuk bekerjasama dengan baik, kemampuan untuk beradaptasi, toleransi dan lain sebagainya, hardskill yang ia miliki akan sia sia.. Sama halnya di dunia perkuliahan, mahasiswa yang amat sangat memahami tentang mata kuliah yang diajarkan di fakultasnya akan terasa sia sia apabila dia memiliki ketidak mampuan untuk bekerjasama dengan teman2nya, beradaptasi, berlaku adil, toleransi dan mengatur dirinya sendiri. Untuk itu hardskill dan soft skill adalah 2 kemampuan yang memiliki keterkaitan dalam kehidupan individu..
Untuk dapat terjun dengan baik dalam dunia kerja adapun beberapa softskill yang harus kita miliki, diantaranya adalah :
• Kejujuran
• Tanggung jawab
• Berlaku adil
• Kemampuan bekerja sama
• Kemampuan beradaptasi
• Kemampuan berkomunikasi
• Toleran
• Hormat terhadap sesama
• Kemampuan mengambil keputusan
• Kemampuan memecahkan masalah, dsb
Dari artikel diatas kita dapat menarik kesimpulan bahwa soft skill tidak kalah pentingnya dengan hardskill, bahkan untuk terjun di masyarakat kita lebih membutuhkan soft skill dibandingkan hardskill.. untuk itu marilah kita asah kemampuan soft skill kita agar kehidupan, dunia perkuliahan maupun pekerjaan kita nanti dapat berjalan dengan lancar :)

sumber :

0 komen yuk:

Posting Komentar