Kamis, 29 Maret 2012 - 0 komen yuk

Shopaholic

A confessions of shopaholic, ada yang pernah nonton? kalo kalian yang udah pernah nonton film ini pasti tau apa itu shopaholic.. Di film ini menceritakan tentang seorang wanita yang amat sangat susaaaaaaaaaaaaah menahan kemauan belanja nya, hingga akhirnya dia sendiri yang kewalahan harus ngelunasin semua tagihan kartu kreditnya. Yak, shopaholic berasal dari kata shop yang artinya belanja dan aholic yang artinya suatu ketergantungan yang disadari ataupun tidak.. Jadi shopaholic bisa diartikan sebagai seseorang yang tidak mampu menahan keinginannya untuk berbelanja dan berbelanja lagi sehingga menghabiskan begitu banyak waktu dan uang untuk berbelanja meskipun barang-barang yang dibelinya tidak selalu ia butuhkan ( Oxford Expans). Seorang shopaholic ga akan ngerasa sayang buat ngabisin uang bulanannya buat belanja ini itu ato ga peduli kalo akhir bulan nanti tagihan kartu kreditnya bakal 'membengkak' yang penting bagi mereka adalah hasrat buat berbelanja dan terus menerus punya barang barang baru itu terpenuhi.. Coba bayangin, kalo ada keluarga sederhana yang punya anak seorang shopaholic gimana jadinya ya? 

Nah, semua orang yang suka jalan jalan ke mall apa berarti itu semua shopaholic? orang yang suka beli sesuatu yang dia butuhkan di mall ato di pasar apa itu namanya shopaholic? eittsss, jangan asal menge-judge orang shopaholic ya.. karena menurut klinik Servo (2007), seseorang dapat dikatakan mengalami shopaholic jika menunjukkan tanda tanda sbb :

• Suka menghabiskan uang untuk membeli barang yang tidak dimiliki meskipun barang tersebut tidak selalu berguna bagi dirinya.
• Merasa puas pada saat dirinya dapat membeli apa saja yang diinginkannya, namun setelah selesai berbelanja maka dirinya merasa bersalah dan tertekan dengan apa yang telah dilakukannya.
• Pada saat merasa stres, maka akan selalu berbelanja untuk meredakan stresnya tersebut.
• Memiliki banyak barang-barang seperti baju, sepatu atau barang-barang elektronik, dll yang tidak terhitung jumlahnya, namun tidak pernah digunakan.
• Selalu tidak mampu mengontrol diri ketika berbelanja.
• Merasa terganggu dengan kebiasaan belanja yang dilakukannya.
• Tetap tidak mampu menahan diri untuk berbelanja meskipun dirinya sedang bingung memikirkan hutang-hutangnya.
• Sering berbohong pada orang lain tentang uang yang telah dihabiskannya.

Tuh coba mulai amati diri sendiri dan orang lain disekitar kamu.. apa kalian termasuk dalam salah satu tanda tanda shopaholic? apa teman, sahabat ato pacar kamu termasuk shopaholic? kalo termasuk, coba yuk pelan pelan hentikan kebiasaan itu.. selain ngerugiin diri sendiri, orang lain juga bisa kena imbas dari kelakuan kalian loh.. 

Tadi disebutin kalo shopaholic banyak ngasih kerugian buat diri sendiri maupun oranglain, dan beberapa bentuk kerugian ato dampak negatif nya adalah :

Shopaholic dapat mengakibatkan berbagai dampak yang merugikan yaitu:
• Sering mengalami kehabisan uang padahal masih awal bulan.
• Dapat mengakibatkan seseorang memiliki hutang dalam jumlah yang besar karena untuk memenuhi pikiran-pikiran obsesi untuk berbelanja dan berbelanja.
• Dapat mengakibatkan seseorang dipecat dari pekerjaannya karena melakukan pemborosan dengan menggunakan uang perusahaan.
• Memicu seseorang untuk melakukan tindak kriminal (seperti mencuri, memeras,korupsi dll) hanya karena ingin mendapatkan uang demi memnuhi dorongan untuk belanja yang terus-menerus dalam dirinya.
• Dapat mengakibatkan perceraian karena pasangan dari si penderita shopaholic merasa tersiksa dengan uang yang selalu dihabiskan pasangannya hanya untuk berbelanja dan berbelanja.
• Dapat mengakibatkan pertengkaran karena pemborosan yang dilakukan oleh penderita shopaholic.
• Dapat mengakibatkan seseorang bunuh diri karena dalam dirinya selalu muncul pikiran-pikiran obsesi untuk berbelanja dan berbelanja dan si penderita merasa tersiksa jika tidak melakukan pikiran-pikiran obsesinya tersebut.

Shopaholic pasti gamungkin terjadi begitu aja, ada beberapa sebab ato faktor yang membuat individu menjadi seorang 'shopaholic' diantaranya adalah :

 • Seseorang menganut gaya hidup hedonis (materialis) dan mempersepsi bahwa manusia adalah human having. Human having adalah seseorang yang cenderung mempersepsi orang lain berdasarkan apa yang dimiliki (seperti punya mobil, rumah, jabatan). Human having ini akan mengakibatkan seseorang merasa terus kekurangan, selalu diliputi kecemasan, tidak akan termotivasi untuk mengejar kebutuhan pada tingkat yang lebih.
• Kecemasan yang berlebihan karena mengalami trauma di masa lalu.
• Iklan-iklan yang ditampilkan diberbagai media yang menggambarkan bahwa pola hidup konsumtif dan hedonis merupakan sarana untuk melepaskan diri dari stres.
• Adanya pikiran-pikiran obsesi yang tidak rasional

Siapa penderita shopaholic? Mungkin biasanya kita mikir kalo yang identik dengan kata shoping adalah kaum perempuan, pada kenyataannya memang begitu.. Hasil penelitian menyatakan, 90% shopaholic dialami oleh kaum perempuan dan sisanya dialami oleh kaum laki laki.. Kaum perempuan yang tergolong shopaholic biasanya membelanjakan uang nya untuk membeli kosmetik, pakaian, parfum dan barang barang 'cewe' yang lain sedangkan untuk kaum laki laki yang tergolong shopaholic, mereka biasa membelanjakan uangnya untuk membeli gadget2 terbaru dan tercanggih seperti mp3 player, handphone terbaru dan lain sebagainya.. 

Dan yang terakhir, bagaimana solusi untuk mencegah 'terserang' shopaholic? Semua balik lagi ke diri kalian, mulai lah dengan berusaha mengontrol 'nafsu' berbelanja kalian, coba daftarlah barang barang apa yang kalian butuhkan sehingga kalian terhindar dari 'nafsu' untuk membeli barang barang yang nanti nya akan mubazir dan mulai lah membedakan antara 'butuh' dan hanya ingin 'sekedar memiliki'

Sampai disini artikel tentang shopaholic nya, semoga bermanfaat! :)

sumber : http://baspsycho.blogspot.com/2009/11/shopaholic.html

Kamis, 22 Maret 2012 - 0 komen yuk

It's about insomnia

Diantara kalian pasti udah familiar kan sama kata insomnia, bahkan mungkin kalian pernah mengalami nya. Insomnia atau biasa kita sebut dengan 'gabisa tidur' itu bisa menyerang siapa aja. baik muda, tua, anak kecil atau lansia sekalipun. Insomnia itu bukan penyakit loh, dia gapunya obat semacam puyer atau yang lainnya seperti jika kita terserang batuk..  sejauh ini insomnia hanya bisa dicegah bukan di obati.. 

Bukan cuman binatang loh yang banyak jenisnya, insomnia juga punya beberapa jenis, jenis yang pertama itu kita sebut aja 'insomnia akut' biasanya si penderita itu gabisa tidur dalam jangka waktu yang lama, bisa sebulan, 2 bulan bahkan lebih, dan ini menyerang hampir pada setiap malam hari.. Yang kedua itu 'insomnia jangka pendek', penderita mengalami insomnia dalam jangka waktu yang relatif pendek misalnya sekitar seminggu, 2 minggu sampai 3 minggu.. Dan yang terakhir adalah 'insomnia sementara' penderita insomnia kategori ini biasanya hanya merasakan kesulitan tidur dalam beberapa hari dan gangguan ini menyerang pada saat saat tertentu saja...

Rugi ga sih kalo kita insomnia? ngomongin soal rugi apa engga, pastilah ada sedikit kerugian bahkan banyak kerugian yang kita dapet dari gangguan tidur ini... Tingkat produktivitaaaas! yap, itulah yang bisa jadi salah satu kerugian kalo kita insom.. tingkat produktivitas sadar atau ga sadar pasti bakal menurun.. daya konsentrasi, dan emosi kita juga biasanya susah terkontrol.. Orang yang insomnia sebagian besar mudah marah apabila kehidupannya di usik.. badan nya yang capek, mata yang mungkin setengah kriyip kriyip dan nyawa yang mungkin blm ngumpul semua :p menjadikan seorang yang insom gampaaaaaaaaaang bgt 'meledak ledak' 

Ada akibat pasti ada sebab, begitu juga insomnia.. Gamungkin insomnia itu terjadi begitu aja, pasti ada sebab musababnya. Pertama, insomnia bisa disebabin karena tidur siang yang terlalu over, misalnya kita tidur siang dari jam 1 dan bangun jam 5 sore.. Nah pas malemnya, di jam jam yang harusnya mata udah merem, kita pasti sedikit kesulitan buat memejamkan mata, yaaaaaaaaaaah kecuali emang itu orang 'kebo' nya luar biasaaaaaaaa :p Teruusssss, insomnia jg bisa di sebabin karena mengkonsumsi kopi yang terlalu lebay, merokok terlalu sering atau minum minuman beralkohol yang terlalu banyak.. Yaaak intinya semua yang terlalu 'berlebihan' emang ga baik teman teman :) lanjuuuttttt! insomnia bisa jg loh gara2 hal hal seperti putus cinta, berantem sama orangtua,sahabat, pacar... atau karena tugas sekolah ato kuliah yang banyaknya amit amit dan bikin kita sedikit stress dan depresi.. Selain karena hal hal itu tadi tuh, insom jg bisa terjadi karena pengaruh obat obatan, orang yg lagi ga vit alias sakit biasanyakan dikasih obat macem2 dan punya efek samping yang beraneka ragam, mungkin salah satunya ada yang bisa membuat kita terjaga sepanjang malam.. Atau buat para wanita, insom jg bsa terjadi karena PMS... yang cowo pada tau ga PMS itu apa? kalo gatau yaudaaaaah, its secret :p kalo yang udah tau..............berarti kalian itu setengah laki setengah wanita wehehehehe ga deng becanda :D

Yaaaak, ada sebab pasti ada juga dong penanggulangan.. kaya yang diatas td udah saya bilang.... insomnia bukan penyakit jadi dia gapunya obat buat nyembuhinnya, yang bisa kita lakukan sejauh ini adalah mencegah biar si insom ga makin, makin, dan semakin merajalela.. Perbaiki gizimu! eitttsss, jgn bingung.. gizi juga bisa berpengaruh loh.. asupan gizi terutama magnesium dan kalsium yang cukup bakal membantu kita buat tertidur pulas sepanjang malam :D karena fungsi magnesium adalah merelaksasi otot. Apabila otot kaku, timbul rasa ngilu-ngilu yang membuat badan terasa sakit. sedangkan kalsium yang diperlukan untuk pertumbuhan tulang juga dapat dimanfaatkan untuk menenangkan pikiran. Kalsium berdampak calming effect. Jadi, kondisi kecemasan atau stres dapat dikurangi dengan magnesium dan kalsium. Selanjutnya, perbanyak mengkonsumsi madu dan susu! Segelas susu hangat dan madu juga dapat menjadi obat mujarab agar lebih lelap tidur. karena susu banyak mengandung asam amino triptofan yang dapat membantu pengeluaran serotonin sehingga memudahkan kita tidur.

Selain ada makanan yang kalo kita konsumsi bisa ngebantu terhidar dari gangguan itu, ada juga makanan atau minuman yang harus kita jauhi agar kita terselamatkan dari gangguan itu :p kafein, gula dan alkohol.. Makanan yang sebaiknya dihindari adalah makanan dengan bumbu menyengat, kafein, alkohol, karbohidrat sederhana (gula, sirup), makanan berpengawet, dan makanan kaleng. Gula dan sirup bersifat meningkatkan gula darah dan penghasil energi yang cepat sehingga akan mengganggu tidur. kemudian makanan berprotein tinggi seperti daging sapi dapat mencegah produksi serotonin sehingga tubuh terjaga terus-menerus. Dan yang terakhir monosodium glutamate (MSG) sebaiknya itu kita dihindari karena akan memunculkan reaksi stimulan/reaksi rangsang.. 

Nah udah tau kan sedikit tentang insomnia? tentang penyebab, dampak dan beberapa makanan yang harus dikonsumsi dan dihindari.. 
so, keep your health!


sumber :  http://www.unik.us/b-17/apa-itu-insomnia/
Rabu, 21 Maret 2012 - 0 komen yuk

Awas ada psikopat!

Psikopat, pasti udah pernah denger dong ya.. tapi kalian tau ga sih apa itu psikopat? apa aja tanda tanda orang psikopat? dan apa psikopat itu sama kaya orang gila? Nah, di artikel ini bakal dibahas tentang serba serbi psikopat. check this out! :)

Psikopat itu berasal dari kata psyche yang berarti jiwa dan pathos yang berarti penyakit. Jadi psikopat bisa dibilang penyakit jiwa, eits tapi penderita psikopat ini ga sama loh ya dengan orang gila... mau tau apa bedanya? ini nih bedanya, ada yang pernah denger istilah halusinasi? atau gampangnya, kalo kita liat orang gila pasti mereka suka ngomong sendiri, ketawa2 sendiri, cengar cengir, malahan sampe nangis histeris yang kita orang orang 'awam' gatau sebab nya apa.. Nah, itu dia halusinasi, selain di akibatin sama trauma2 masa lalu yang bikin orang itu jadi 'gila' mereka juga terkadang bisa membahayakan orang2 disekitarnya.. Ada yang ngerasa seolah olah mereka lagi nerbangin pesawatlah, ada yang ngerasa mereka lagi nimang nimang bayi ato mereka ngerasa seakan akan lagi mimpin rapat penting, ngobrol sama presiden, berubah jadi power ranger, atau tiba2 ngejar2 orang plus jambak2in rambutnya dan lain sebagainya.. Terus apa bedanya sama psikopat? Seorang psikopat gapernah berhalusinasi, mereka berpenampilan layaknya orang normal, gapernah ketawa2 sendiri, nangis sendiri ato merasa seakan akan lagi berubah jadi power ranger.. Sebagian besar psikopat ga mendekam di balik jeruji besi dan mereka ga dirawat dirumah sakit jiwa.. lalu dimana para psikopat? Mereka ada disekitar kita, IYA! DISEKITAR KITA..  

Sebuah penelitian menyatakan bahwa satu persen populasi orang dewasa yang bekerja adalah psikopat di tempat kerjanya. Psikopat seperti itu ada di kantor besar maupun kecil, dia ada di ruang rapat dewan maupun di lantai-lantai toko. Para psikopat bersembunyi melalui berbohong, mencurangi, mencuri, memanipulasi, mengorbankan, dan menghancurkan rekan kerja. Semuanya dilakukan tanpa rasa bersalah maupun penyesalan. Buat tau lebih dalam soal psikopat, kita cek yuk apa ajasih ciri ciri "psikopat" ? :)

1. Pada awalnya menampilkan sikap yang menarik, cenderung dibuat-buat, mempesona, dan menebarkan sikap hangat. Inilah yang membuat orang mudah memercayainya, dan dengan kepercayaan itu mereka mencelakai atau menipu korbannya.

2. Beranggapan dirinya yang paling penting dan harus diistimewakan, semuanya berpusat pada dirinya, pokoknya untuk saya, pokoknya milik saya, pokoknya saya dan saya.

3. Sering memperlihatkan perlakuan yang impulsif (meledak-ledak), sulit menunda dan mengendalikan emosi. Kalau punya keinginan harus sekarang, kalau tidak akan marah atau mengamuk.

4. Hubungan pertemanan atau hubungan sosial yang singkat, sering ganti-ganti pasangan asmara atau ganti-ganti pekerjaan.

5. Sering berbohong, menipu, dan mengkhianati

6. Kurang tanggung jawab atas perbuatannya, berani mengambil keputusan berisiko dan tidak dapat belajar dari pengalaman, selalu diulang terus, meskipun telah diberi hukuman atau peringatan.

7. Kurang mampu merasakan perasaan orang lain, tidak peduli orang lain menderita.

8.Cenderung menyalahkan orang lain untuk apa yang telah dilakukannya.

Naah! udah taukan ciri ciri para psikopat? kalo kamu punya temen, pacar, salah satu anggota keluarga atau orang orang terdekat kamu yang punya ciri ciri kaya gitu jangan langsung mengejudge mereka psikopat ya.. karena buat mastiin apa si target benar2 psikipat atau bukan harus melewati beberapa prosedur dibawah ini :

Lima tahap mendiagnosis psikopat!

1. Mencocokkan kepribadian pasien dengan 20 kriteria yang ditetapkan Prof. Hare. Pencocokan ini dilakukan dengan cara mewawancara keluarga dan orang-orang terdekat pasien, pengaduan korban, atau pengamatan perilaku pasien dari waktu ke waktu.

2. Memeriksa kesehatan otak dan tubuh lewat pemindaian menggunakan elektroensefalogram, MRI, dan pemeriksaan kesehatan secara lengkap. Hal ini dilakukan karena menurut penelitian gambar hasil PET (positron emission tomography) perbandingan orang normal, pembunuh spontan, dan pembunuh terencana berdarah dingin menunjukkan perbedaan aktivitas otak di bagian prefrontal cortex yang rendah. Bagian otak lobus frontal dipercaya sebagai bagian yang membentuk kepribadian.

3. Wawancara menggunakan metode DSM IV (The American Psychiatric Association Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorder versi IV) yang dianggap berhasil untuk menentukan kepribadian antisosial.

4. Memerhatikan gejala kepribadian pasien. Biasanya sejak usia pasien 15 tahun mulai menunjukkan tanda-tanda gangguan kejiwaan.

5. Melakukan psikotes. Psikopat biasanya memiliki IQ yang tinggi.
hiyaaak setelah cara cara mendiagnosis psikopat, yuk coba kita kenali gejala gejala apa aja yang biasa terjadi pada penderita psikopat :


1. Sering berbohong, fasih, dan dangkal. Psikopat sering pandai melucu dan pintar bicara, secara khas berusaha tampil dengan pengetahuan di bidang sosiologi, psikiatri, kedokteran, psikologi, filsafat, puisi, sastra, dan lain-lain. Sering kali pandai mengarang cerita yang membuatnya positif, dan bila ketahuan berbohong mereka tak peduli dan akan menutupinya.

2. Egosentris dan menganggap dirinya hebat.

3. Tidak punya rasa sesal dan rasa bersalah. Meski kadang psikopat mengakui perbuatannya, ia sangat meremehkan atau menyangkal akibat tindakannya dan tidak memiliki alasan untuk peduli.

4. Senang melakukan pelanggaran dan bermasalah perilaku di masa kecil.

5. Sikap antisosial di usia dewasa.

6. Kurang empati. Bagi psikopat memotong kepala ayam dan memotong kepala orang, tidak ada bedanya.
7. Psikopat juga teguh dalam bertindak agresif, menantang nyali dan perkelahian, jam tidur larut dan sering keluar rumah.

8. Impulsif dan sulit mengendalikan diri. Untuk psikopat tidak ada waktu untuk menimbang baik- buruknya tindakan yang akan mereka lakukan dan mereka tidak peduli pada apa yang telah diperbuat atau memikirkan tentang masa depan. Pengidap juga mudah terpicu amarahnya akan hal-hal kecil, mudah bereaksi terhadap kekecewaan, kegagalan, kritik, dan mudah menyerang orang hanya karena hal sepele.

9. Tidak mampu bertanggung jawab dan melakukan hal-hal demi kesenangan belaka.

10. Manipulatif dan curang. Psikopat juga sering menunjukkan emosi dramatis walaupun sebenarnya mereka tidak sungguh-sungguh. Mereka juga tidak memiliki respons fisiologis yang secara normal diasosiasikan dengan rasa takut seperti tangan berkeringat, jantung berdebar, mulut kering, tegang, gemetar bagi psikopat hal ini tidak berlaku. Karena itu, psikopat sering disebut dengan istilah “dingin”.

11. Hidup sebagai parasit karena memanfaatkan orang lain untuk kesenangan dan kepuasan dirinya.
Ngeri ya? psikopat disebut sebagai berdarah 'dingin' menggal kepala ayam sama kepala manusia itu sama buat para psikopat. Ada yang masih inget sama kasus sumanto? orang yang beberapa tahun lalu sempat marak dibicarakan karna kasus 'kanibal' nya.. bongkar membongkar kuburan cuman buat makanin mayat mayat.. Nah! sumanto bisa disebut juga sebagai psikopat.. Atau pada kasus mutilasi yang dulu mewarnai acara2 berita di tv. Dan banyak lagi kasus2 lain dengan para psikopat sebagai pelaku utamanya.. Yuk coba lebih care sama sekeliling dan lebih berhati hati sama lingkungan kita sendiri :)


Sumber : http://terselubung.blogspot.com/2011/01/ciri-ciri-seorang-psikopat.html
Jumat, 02 Maret 2012 - 0 komen yuk

Tugas Soft Skill 1

Didalam kehidupan kita mengenal ada nya 2 kemampuan yang berperan besar dalam kesuksesan dan kelangsungan hidup manusia. Kemampuan tersebut adalah soft skill dan hard skill, keduanya memiliki peranan yang sama sama penting dalam kehidupan tiap tiap individu.

Apa itu soft skill?
Jika dilihat dari pengertian perkata, soft = halus dan skill = kemampuan. Namun, pengertian soft skill yang sebenarnya adalah keterampilan individu dalam berhubungan dengan orang lain serta kemampuannya untuk mengatur dirinya sendiri dan mampu mengembangkan dirinya sendiri untuk melakukan suatu pekerjaan atau melaksanakan tanggung jawab secara maksimal. Kadar soft skill pada masing2 individu berbeda, hal ini tergantung pada cara atau pola berpikir individu tersebut, tergantung pula pada sikap dan kebiasaan kebiasaan serta bagaimana ia berkata dan bertindak, Namun, kadar soft skill pada diri individu dapat dirubah apabila yang bersangkutan memiliki kemampuan untuk merubahnya dengan cara berlatih membiaskan diri dengan hal hal yang baru,
Perbedaan hardskill dan softskill ?
Perbedaan softskill dan hardskill salah satunya terletak pada pengertiannya. Hard skill adalah penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi dan ketrampilan teknis yang berhubungan dengan bidang ilmunya. Sedangkan soft skill adalah ketrampilan seseorang dalam berhubungan dengan orang lain (termasuk dengan dirinya sendiri). Semua profesi membutuhkan keahlian (hard skill) tertentu akan tetapi semua profesi memerlukan soft skill.
Seperti yang dikatakan di atas tadi, soft skill dan hard skill mempunyai peranan yang penting bagi kelangsungan hidup individu, baik di dunia kerja maupun di bangku pendidikan.Dalam dunia kerja kita dituntut untuk paham, mengerti dan menguasai apa yang menjadi profesi kita.. Sebagai contoh adalah seorang guru, guru harus amat sangat paham dengan materi yang akan ia ajarkan, dan harus sangat menguasai materi tersebut. Namun, apabila guru itu tidak memiliki softskill ia akan susah menyampaikan materi pelajarannya kepada murid2 dan susah 'bergaul' dengan anak2 didiknya. Contoh lain adalah seorang pemain sepak bola, ia menguasai berbagai tehnik2 menendang dan lain sebagainya. Namun, apabila ia tidak mempunyai kemampuan untuk bekerjasama dengan baik, kemampuan untuk beradaptasi, toleransi dan lain sebagainya, hardskill yang ia miliki akan sia sia.. Sama halnya di dunia perkuliahan, mahasiswa yang amat sangat memahami tentang mata kuliah yang diajarkan di fakultasnya akan terasa sia sia apabila dia memiliki ketidak mampuan untuk bekerjasama dengan teman2nya, beradaptasi, berlaku adil, toleransi dan mengatur dirinya sendiri. Untuk itu hardskill dan soft skill adalah 2 kemampuan yang memiliki keterkaitan dalam kehidupan individu..
Untuk dapat terjun dengan baik dalam dunia kerja adapun beberapa softskill yang harus kita miliki, diantaranya adalah :
• Kejujuran
• Tanggung jawab
• Berlaku adil
• Kemampuan bekerja sama
• Kemampuan beradaptasi
• Kemampuan berkomunikasi
• Toleran
• Hormat terhadap sesama
• Kemampuan mengambil keputusan
• Kemampuan memecahkan masalah, dsb
Dari artikel diatas kita dapat menarik kesimpulan bahwa soft skill tidak kalah pentingnya dengan hardskill, bahkan untuk terjun di masyarakat kita lebih membutuhkan soft skill dibandingkan hardskill.. untuk itu marilah kita asah kemampuan soft skill kita agar kehidupan, dunia perkuliahan maupun pekerjaan kita nanti dapat berjalan dengan lancar :)

sumber :