Senin, 26 Desember 2011 - 0 komen yuk

Manusia dan Tanggung Jawab


Tanggung jawab merupakan kata yang tidak asing lagi di telinga kita. Tanggung jawab memiliki arti yang beragam, diantaranya adalah keharusan untuk menerima segala bentuk resiko dari keputusan yang telah di ambil, atau dalam kebudayaan kita umumnya tanggung jawab diartikan sebagai keharusan untuk “menanggung” dan “menjawab”. Menurut kamus umum Bahasa Indonesia tanggung jawab adalah, keadaan wajib menanggung segala sesuatunya. Tanggung jawab juga dapat diartikan sebagai kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang disengaja maupun yang tidak di sengaja. 

Tanggung jawab dibagi ke dalam beberapa macam, yang pertama adalah tanggung jawab terhadap diri sendiri. Tanggung jawab ini menuntut kesadaran setiap orang untuk memenuhi kewajibannya sendiri dalam mengembangkan kepribadian sebagai manusia pribadi. Yang kedua adalah tanggung jawab terhadarp Tuhan. Manusia diciptakan oleh Tuhan untuk mengisi kehidupannya di dunia dengan berbagai macam hal, dan tentu saja apapun yang dilakukan manusia selama hidup selalu dimintai pertanggung jawabannya oleh Tuhan di akhirat nanti. Yang ketiga adalah tanggung jawab terhadap keluarga, tiap anggota keluarga memiliki tanggung jawab nya masing masing. Tanggung jawab ini bukan hanya sekedar menjaga nama baik keluarga, namun juga tanggung jawab dalam hal pendidikan, kesejahteraaan, keselamatan dan kehidupan. Yang keempat adalah tanggung jawab terhadap bangsa dan negara, kita harus bertanggung jawab dengan apa yang kita lakukan, sebagai contohnya ada seorang bapak tua yang tertangkap basah sedang mencuri sepeda motor milik tetangganya harus siap menerima hukuman yang diberikan oleh pihak yang berwajib. 

Pengabdian dan pengorbanan merupakan salah satu bentuk dari tanggung jawab. Pengabdian bermacam-macam bentuknya.Yang paling dasar adalah pengabdian kepada keluarga, kepada Tuhan, dan kepada negara. Pengabdian kepada keluarga, bisa dilakukan dengan menjaga nama baik keluarga, dan tidak melanggar norma dan akidah yang berlaku. Menjaga nama baik bisa dilakukan dengan tidak melakukan perbuatan2 yang melanggar aturan, mensejahterakan keluarga, dan banyak cara yang bisa dilakukan untuk menunjukkan sikap mengabdi. Pengabdian kepada Tuhan, sangat wajib dan tidak boleh dinomorduakan. Karena manusia adalah ciptaan Tuhan. Dengan tekun beribadah, mengamalkan perbuatan-perbuatan baik, dan tidak melanggar laranganNya. Pengabdian kepada negara, juga merupakan kewajiban buat manusia atau individu sebagai warga negara. Misalnya seorang pegawai negeri yang bersedia ditempatkan di luar daerahnya untuk bekerja.

Sumber :
http://danprihono.blogspot.com/2011/04/pengabdian-dan-pengorbanan.html
http://sosialdasar.blogspot.com/2011/03/manusia-dan-arti-tanggung-jawab.html
http://aneneharief.ngeblogs.com/2010/03/25/pengertian-tanggung-jawab/

0 komen yuk:

Posting Komentar