Senin, 26 Desember 2011 - 0 komen yuk

Manusia dan Kegelisahan

Kegelisahan berasal dari kata gelisah yang artinya tidak nyaman, tidak tentram hatinya, cemas, selalu merasa khawatir dan tidak sabaran. Sehingga kegelisahan merupakan keadaan dimana individu diliputi oleh perasaan cemas dan tidak tenang. Kegelisahan hanya bisa dilihat dari gerak gerik individu tersebut yang lain dari biasanya. Misalnya orang yang sedang mengalami kegelisahan cenderung menarik diri dari pergaulan, malas berbicara, dan terlihat murung. Ada juga yang mondar mandir di sebuah ruangan, menatap jauh ke depan sambil mengepal ngepalkan tangan dan lain sebagainya tergantung dari reaksi individu tersebut menanggapi situasi gelisah. Kegelisahan atau kecemasan juga bisa berakibat pada frustasi, dimana salah satu penyebab frustasi adalah tidak tercapainya sesuatu yang kita inginkan dan mengakibatkan kegelisahan. Kegelisahan yang mendalam dan berlarut tersebut bisa mendekatkan kita pada situasi frustasi.

Faktor penyebab terjadinya kegelisahan pada diri individu beraneka ragam, seperti :
1.Kesulitan ekonomi
2. Takut kehilangan harta, jabatan dan popularitas
3. Penyakit yang menahun
4. Kesulitan mendapatkan pasangan hidup yang ideal
5. Takut kehilangan pasangan hidup
6. Khawatir gagal dalam berkarier

Kecemasan atau kegelisahan dibagi menjadi beberapa kategori, yaitu :
  Kecemasan tentang kenyataan ( objektif )
Kecemasan tentang kenyataan adalah suatu kenyataan yang pernah dialami oleh seseorang di masa lalu yang membuat orang tersebut menjadi shocked karenanya.
   Kecemasan Neoritis
Kecemasan yang timbul karena penyesuaian diri dengan lingkungan, takut akan hal yang dibayangaknnya atau takut akan idenya sendiri sehingga menekan ego. kegelisahan ini akan membuat seseorang menjadi gelisah.
  Kecemasan moril
kecemasan moril sendiri disebabkan oleh pribadi seseorang dimana tiap pribadi memiliki berbagai macam emosi seperti: iri, benci, dendam,dengki,marah,gelisah.

Upaya mengatasi kegelisahan atau kecemasan bisa dengan berbagai cara. Salah satu nya adalah bersikap tenang, apabila kita dapat bersikap dan berfikir tenang maka berbagai masalah akan dapat terselesaikan dengan baik. Lain hal nya apabila kita tidak berfikir tenang, emosi atau menggebu gebu maka masalah akan terbengkalai dan tidak terselesaikan. Dibalik itu semua cara mengatasi kegelisahan yang paling ampuh adalah dengan berserah diri kepada Allah SWT.

keterasingan berasal dari kata terasing, dan terasing berasal dari kata asing yang berarti sendiri, tidak dikenal orang, sehingga kata terasing berarti, tersisihkan dari pergaulan, terpisahkan dari yang lain terkucilkan atau terpencil. Jadi kata keterasingan berarti hal-hal yang berhubungan dengan tersisihkan dari pergaulan, terpencil atau terpisah dari yang lain. Penyebab orang berada dalam posisi terasingkan adalah perilakunya yang tidak dapat diterima atau tidak dapat dibenarkan oleh banyak orang atau kekurangan yang ada pada diri seseorang sehingga ia dapat atau sulit menyesuaikan diri dalam masyarakat.

Seseorang yang berada dalam keadaan terasing atau sedang mengalami kondisi gelisah/cemas biasanya mengalami pula yang di sebut dengan kesepian. Kesepian merupakan bentuk ketidak puasan terhadap hubungan atau interaksi sosial yang sedang dijalani oleh seorang individu. Kesepian merupakan kondisi yang tidak menyenangkan, orang akan merasa kesepian bila intensitas hubungan sosial yang diharapkannya tidak sesuai atau kurang dari apa yang ia harapkan.

Ketidak pastian berasal dari kata tidak pasti artinya tidak menentu, tidak dapat ditentukan, tidak tahu, tanpa arah yang jelas, tanpa asal-usul yang jelas. Ketidak pastian artinya keadaan yang tidak pasti, tidak tentu, tidak dapat ditentukan, tidak tahu, keadaan tanpa arah yang jelas, keadaan tanpa asal-usul yang jelas. Itu semua adalah akibat pikirannya tidak dapat konsentrasi. Ketidak konsentrasian disebabkan oleh berbagai sebab, salah satunya adalah pikiran yang kacau. Sebuah ketidakpastian juga dapat menimbulkan kegelisahan yang membuat hati tidak tenang dan tentram.

Dikatakan di atas bahwa ketidakpastian berasal dari pikiran yang tidak konsentrasi dan ketidak konsentrasian tersebut berasal dari pikiran kita yang kacau. Untuk itu agar terhindar dari kondisi yang tidak pasti, kita harus berusaha berpikir dengan benar dan dengan tenang, semua berasal dari mental masing masing individu. Apabila penyebab nya sudah diketahui dan tidak dapat diatasi, ada baiknya individu tersebut dibawa kepada orang yang lebih ahli dalam hal tersebut seperti psikolog atau psikiater.

Sumber :
http://runbin798.blogspot.com/2011/02/manusia-dan-kegelisahan.html
http://rizkaastriani.blogspot.com/2011/04/sebab-sebab-kegelisah-dan-cara.html
http://hadi-detected.blogspot.com/2011/06/pengertian-kegelisahan.html
http://cahyomuhajir.blogspot.com/2011/06/manusia-dan-kegelisahan.html
http://danprihono.blogspot.com/2011/04/manusia-dan-kegelisahan.html
- 0 komen yuk

Manusia dan Tanggung Jawab


Tanggung jawab merupakan kata yang tidak asing lagi di telinga kita. Tanggung jawab memiliki arti yang beragam, diantaranya adalah keharusan untuk menerima segala bentuk resiko dari keputusan yang telah di ambil, atau dalam kebudayaan kita umumnya tanggung jawab diartikan sebagai keharusan untuk “menanggung” dan “menjawab”. Menurut kamus umum Bahasa Indonesia tanggung jawab adalah, keadaan wajib menanggung segala sesuatunya. Tanggung jawab juga dapat diartikan sebagai kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang disengaja maupun yang tidak di sengaja. 

Tanggung jawab dibagi ke dalam beberapa macam, yang pertama adalah tanggung jawab terhadap diri sendiri. Tanggung jawab ini menuntut kesadaran setiap orang untuk memenuhi kewajibannya sendiri dalam mengembangkan kepribadian sebagai manusia pribadi. Yang kedua adalah tanggung jawab terhadarp Tuhan. Manusia diciptakan oleh Tuhan untuk mengisi kehidupannya di dunia dengan berbagai macam hal, dan tentu saja apapun yang dilakukan manusia selama hidup selalu dimintai pertanggung jawabannya oleh Tuhan di akhirat nanti. Yang ketiga adalah tanggung jawab terhadap keluarga, tiap anggota keluarga memiliki tanggung jawab nya masing masing. Tanggung jawab ini bukan hanya sekedar menjaga nama baik keluarga, namun juga tanggung jawab dalam hal pendidikan, kesejahteraaan, keselamatan dan kehidupan. Yang keempat adalah tanggung jawab terhadap bangsa dan negara, kita harus bertanggung jawab dengan apa yang kita lakukan, sebagai contohnya ada seorang bapak tua yang tertangkap basah sedang mencuri sepeda motor milik tetangganya harus siap menerima hukuman yang diberikan oleh pihak yang berwajib. 

Pengabdian dan pengorbanan merupakan salah satu bentuk dari tanggung jawab. Pengabdian bermacam-macam bentuknya.Yang paling dasar adalah pengabdian kepada keluarga, kepada Tuhan, dan kepada negara. Pengabdian kepada keluarga, bisa dilakukan dengan menjaga nama baik keluarga, dan tidak melanggar norma dan akidah yang berlaku. Menjaga nama baik bisa dilakukan dengan tidak melakukan perbuatan2 yang melanggar aturan, mensejahterakan keluarga, dan banyak cara yang bisa dilakukan untuk menunjukkan sikap mengabdi. Pengabdian kepada Tuhan, sangat wajib dan tidak boleh dinomorduakan. Karena manusia adalah ciptaan Tuhan. Dengan tekun beribadah, mengamalkan perbuatan-perbuatan baik, dan tidak melanggar laranganNya. Pengabdian kepada negara, juga merupakan kewajiban buat manusia atau individu sebagai warga negara. Misalnya seorang pegawai negeri yang bersedia ditempatkan di luar daerahnya untuk bekerja.

Sumber :
http://danprihono.blogspot.com/2011/04/pengabdian-dan-pengorbanan.html
http://sosialdasar.blogspot.com/2011/03/manusia-dan-arti-tanggung-jawab.html
http://aneneharief.ngeblogs.com/2010/03/25/pengertian-tanggung-jawab/