Kamis, 06 Oktober 2011 - 0 komen yuk

Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Pengetahuan Sosial

Di Indonesia kita mengenal berbagai jenis ilmu pengetahuan, di antaranya adalah ilmu sosial dasar dan ilmu pengetahuan sosial. Kedua nya mempunyai pengertian, tujuan dan peranan masing masing dalam pendidikan di Indonesia. Untuk itu, sebagai makhluk sosial kita baiknya mengetahui dan memperdalam ilmu tersebut untuk kelangsungan hidup bermasyarakat.

Ilmu sosial dasar adalah pengetahuan yang mempelajari masalah2 sosial, khususnya masalah masalah yang diwujudkan oleh masyarakat Indonesia, dengan menggunakan teori teori (fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu ilmu sosial (geografi sosial, sosiologi, antropologi sosial, ilmu politik, ekonomi, psikologi sosial dan sejarah) . Sedangkan istilah ilmu pengetahuan sosial merupakan terjemahan dari kata social studies. Dengan demikian ilmu pengetahuan sosial dapat diartikan dengan “penelaahan atau kajian tentang masyarakat”.

Ilmu sosial dasar (ISD) dan ilmu pengetahuan sosial (IPS) tentu saja memiliki tujuan tersendiri, di antaranya adalah agar dapat memberikan pengetahuan umum dan pengetahuan dasar tentang konsep konsep yang dikembangkan untuk melengkapi gejala gejala sosial agar daya tanggap (tanggap nilai), persepsi dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosial dapat ditingkatkan , sehingga kepekaan mahasiswa pada lingkungan sosialnya menjadi lebih besar.

Adapun ruang lingkup dari ilmu sosial dasar meliputi dua kelompok utama, yakni studi manusia dan masyarakat dan studi lembaga lembaga sosial. Yang terdiri atas psikologi, sosiologi, dan antropologi, yang kemudian terdiri atas ekonomi dan politik.

Selain memiliki manfaat, pengertian serta tujuan dan ruang lingkup masing masing, ilmu tersebut mempunyai beberapa persamaan yaitu, keduanya memiliki sasaran bidang yang sama yakni tertuju pada bidang bidang sosial dan kehidupan bermasyarakat.

Dari pernyataan pernyataan pernyataan di atas kita dapat menarik kesimpulan bahwa ilmu sosial dasar dan ilmu pengetahuan sosial pada dasarnya adalah ilmu yang saling berkaitan serta patut kita jadikan acuan dalam kehidupan bermasyarakat.


Sumber : Drs Supartono, 1992. Ilmu budaya dasar. jakarta. ghalia indonesia

0 komen yuk:

Posting Komentar